Mungkin sebagian dari Anda tidak banyak yang tau bahwa manfaat olahraga bagi kesehatan mental itu sangat banyak. Mulai dari dapat menghilangkan stress bahkan hingga mencegah depresi. Itu baru beberapa manfaatnya, masih banyak lagi manfaat lainnya dan beragam manfaat tersebut dapat diperoleh dengan rutin berolahraga. Sehingga olahraga bukan hanya dapat meningkatkan stamina, namun juga menjaga kesehatan mental.

Apakah Olahraga Hanya Memilki Manfaat Bagi Kesehatan Fisik Saja?

Berolahraga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik kita saja, namun juga bagi kesehatan mental. Di bawah ini beberapa manfaat berolahraga untuk kesehatan mental, antara lain sebagai berikut :

  1. Mengurangi stress

    Manfaat olahraga bagi kesehatan mental yang pertama adalah dapat mengurangi stress. Produksi hormon stres yakni kortisol akan dapat menurun saat kita berolahraga, peningkatan detak jantung ketika berolahraga. Juga dapat merangsang produksi hormon norepinephrine yang bertugas meningkatkan gairah.

    Serta membantu tubuh dalam menghadapi kondisi stress, hasilnya kerusakan otak yang disebabkan karena stres dapat dicegah. Tidak hanya itu saja, olahraga juga dapat membuat kerja sistem saraf pusat serta saraf tepi menjadi lebih baik. Hal itu juga turut memengaruhi kemampuan badan dalam merespon stres.

  2. Memperbaiki suasana hati

    Manfaat selanjutnya ialah dapat membantu memperbaiki suasana hati, jadi Anda akan merasa lebih nyaman. Dengan berolahraga secara teratur akan dapat membuat Anda merasa lebih tenang, puas, dan senang. Sehingga suasana hati menjadi lebih positif, maka dari itu bila sering mengeluhkan suasana hati yang buruk. Cobalah untuk berolahraga setiap hari agar aktifitas harian bisa menjadi lebih lancar.

  3. Mengatasi kecemasan dan depresi

    Manfaat olahraga bagi kesehatan mental yang selanjutnya adalah dapat mengatasi kecemasan dan depresi. Siapa sangka pengaruh olahraga terhadap kesehatan mental dapat membantu penderita depresi dan kecemasan merasa lebih baik. Sebab setelah berolahraga tingkat stres akan jadi berkurang.

    Olahraga dapat merangsang produksi hormon endorphin. Yakni hormon yang bertugas sebagai penghilang rasa sakit alami, selain itu endorfin juga bertanggung jawab. Atas perasaan bahagia sesudah melakukan aktivitas tertentu, bahkan menurut sebuah penelitian. Kebiasaan lari selama 15 menit perhari atau jalan selama 1 jam dapat mengurangi risiko terkena depresi berat.

    Dianjurkan olahraga dilakukan pada pagi hari agar mendapatkan paparan sinar matahari. Hasil riset bahkan menyebut bahwa manfaat sinar matahari dapat meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh. Kadar vitamin D yang tinggi ini dapat membantu menurunkan risiko mengalami gejala depresi. Dan khasiat tersebut dapat Anda peroleh dengan bersepeda atau melakukan jogging di pagi hari.

  4. Menjadi lebih bahagia

    Menjadi lebih bahagia merupakan manfaat olahraga bagi kesehatan mental yang berikutnya. Aktivitas fisik bisa menstimulasi zat-zat kimiawi otak, antara lain seperti serotonin, endorfin, dan dopamin. Ketiga senyawa kimia tersebut berperan dalam meningkatkan suasana hati.

    Dalam jangka panjang, pengaruh ketiga senyawa kimia tersebut bisa mengubah struktur dan juga fungsi otak, salah satu dampaknya. Yakni terbentuknya sel otak atau neuron baru di hipokampus, yakni bagian otak yang berkaitan dengan pembelajaran, memori, dan emosi. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, olahragalah minimal 3x dalam seminggu.

  5. Meningkatkan kerja dan fungsi otak

    Manfaat olahraga bagi kesehatan mental yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan fungsi dan juga kerja otak. Sebuah studi mengatakan bahwa olahraga bisa meningkatkan produksi zat kimia di otak. Bernama BDNF atau brain-derived neurotrophic factor, BDNF ini berperan menstimulasi pembentukan sel otak baru.

    Olahraga yang sifatnya aerobik maupun melatih kekuatan otot bisa meningkatkan kadar BDNF dalam otak. Terbentuknya sel otak baru dapat memengaruhi konsentrasi serta daya serap otak terhadap sebuah informasi. Jadi secara tidak langsung, peningkatan fungsi otak ini dapat memengaruhi kesehatan mental.

  6. Meningkatkan konsentrasi

    Tidak hanya dapat membantu meningkatkan kinerja otak saja, manfaat olahraga bagi kesehatan mental juga dapat membuat Anda lebih fokus dan juga berkonsentrasi pada saat melakukan pekerjaan. Manfaat tersebut dapat diperoleh dengan maksimal lewat olahraga otot dan juga aktivitas aerobic. Kurang lebih sebanyak 3 hingga 5 kali perminggu secara rutin dalam waktu 30 menit.

  7. Meningkatkan rasa percaya diri serta harga diri

    Merasa berhasil menaklukan rasa malas dapat menimbulkan rasa percaya diri setelah berolahraga. Keberhasilan dalam mencapai target olahraga, penampilan fisik yang lebih baik, serta perubahan berat badan menjadi ideal. Akan membuat Anda jadi lebih percaya diri, dengan berolahraga Anda jadi mempunyai persepsi yang lebih positif terhadap diri sendiri. Hal itu dapat memengaruhi cara Anda dalam menghargai diri sendiri.

  8. Meningkatkan kualitas tidur

    Olahraga ringan pada pagi atau sore hari bisa membantu dalam mengatasi insomnia serta mendukung pola tidur menjadi lebih baik. Selain itu aktivitas fisik juga bisa meningkatkan suhu tubuh. Sehingga membuat pikiran menjadi lebih tenang serta tidur juga menjadi lebih mudah. Namun para ahli menyarankan agar Anda tidak berolahraga menjelang tidur, sebab bisa memperburuk kualitas tidur.

  9. Menurunkan Risiko Terkena Demensia

    Pikun atau biasa disebut demensia biasa terjadi pada orang lanjut usia. Sejumlah penelitian bahkan menemukan bahwa olahraga dapat mengurangi risiko demensia dan juga penurunan fungsi kognitif.

Jadi selain bisa menyehatkan badan, olahraga juga dapat menyehatkan mental kita. Sebab banyak sekali manfaat olahraga bagi kesehatan mental yang jarang disadari oleh banyak orang.

Related Post