Jika anak susah atau bahkan tidak mau untuk konsumsi udang, maka Anda bisa mencoba membuat olahan udang untuk anak yang enak serta mudah dilakukan. Untuk itu pastikan supaya Anda menyimak seluruh informasinya dengan seksama.

Makanan memiliki pengaruh yang sangat besar dalam tumbuh kembang si kecil. Konsumsi makanan yang tidak sehat dan tidak bergizi bisa saja mengganggu pertumbuhan mereka. Berbagai masalah bisa saja muncul, mulai dari gangguan kesehatan, pertumbuhan, dan lain masih banyak lainnya.

Salah satu sumber makanan yang mengandung gizi tinggi serta baik bagi tumbuh kembang anak adalah udang. Namun sayangnya banyak si kecil tidak mau konsumsi bahan makanan ini karena melihat bentuknya yang cukup aneh dan berbeda dari makanan lainnya.

Olahan Udang untuk Anak yang Bisa Anda Coba

Seperti sudah kami jelaskan sebelumnya, makanan dikonsumsi oleh anak sangat mempengaruhi tumbuh kembangnya. Pastinya Anda tidak mau bukan tumbuh kembang si kecil tidak berjalan dengan lancar karena kurangnya konsumsi makanan bergizi?

Oleh sebab itu sebagai orang tua Anda harus memastikan kalau anak sudah mendapatkan cukup gizi. Setiap harinya Anda harus memastikan kalau anak sudah mengonsumsi makanan yang mengandung protein, vitamin, serat, dan juga karbohidrat.

Salah satu sumber protein yang bisa mendatangkan banyak keuntungan jika dikonsumsi oleh anak Anda adalah udang. Hal itu juga yang akan kami jelaskan pada pembahasan kali ini yaitu mengenai olahan udang untuk anak juga baik bagi tumbuh kembang mereka.

Udang memiliki kandungan gizi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan gigi serta tulang, mendukung perkembangan otak, meningkatkan nafsu makan, menyehatkan jantung, sampai dengan membantu proses pembentukan sel darah merah.

Kandungan protein pada bahan makanan ini juga bisa membantu menyeimbangkan berat badan si kecil agar tetap ideal. Namun sayangnya tidak semua anak mau mengonsumsi bahan makanan ini yang dimasak dan masih memiliki bentuk aslinya.

Alhasil mereka tidak akan pernah merasakan khasiat serta gizi terkandung di dalam bahan makanan ini karena tidak mau mengonsumsinya. Untuk itu sebagai orang tua Anda harus memutar otak dan membuat olahan yang memiliki bentuk menarik tetapi tetap enak.

Untuk mengakali hal tersebut Anda harus membuat olahan dari bahan makanan ini bisa Anda sajikan bagi anak. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai olahan udang untuk anak yang bisa Anda coba buat.

  1. Tempura Udang

    Meskipun memiliki rasa enak, tetapi tidak semua si kecil mau mengonsumsi bahan makanan ini jika bentuknya masih sama seperti bentuk aslinya. Oleh sebab itu Anda bisa mengolahnya menjadi makanan dengan bentuk unik seperti tempura udang.

    Untuk membuat tempura Anda perlu memilih bahan makanan ini dengan ukuran sedang sampai besar dan kemudian dikupas dari kulitnya. Setelah itu celupkan ke dalam adonan dari campuran tepung terigu, putih telur, garam, serta bumbu lainnya.

    Kemudian goreng bahan makanan ini sampai berubah warna menjadi kuning keemasan dan matang. Olahan udang untuk anak ini bisa Anda buat layaknya bento rumahan dengan ditambahkan nasi dan sayuran seperti wortel, seledri serta sayuran lainnya.

  2. Mie Udang

    Mie menjadi salah satu makanan favorit si kecil juga masuk ke dalam list olahan udang untuk anak pada pembahasan kali ini. Jadi mie udang mungkin akan menjadi makanan yang langsung dikonsumsi anak Anda serta tidak akan ada lagi kasus tidak mau makan sumber protein ini.

    Caranya adalah dengan menambahkan bahan makanan ini sudah dikupas dari kulitnya dan sudah dimasak dengan bumbu seperti saus tiram, merica, dan garam lalu ditumis. Jangan lupa menambahkan sayuran seperti wortel, serta sawi bagi memperlancar pencernaan si kecil.

  3. Bubur Udang

    Selain mie, anak juga biasanya akan menyukai bubur karena mudah dikunyah dan juga mudah dicerna. Anda bisa membuatnya sendiri dengan cara memasak bubur menggunakan kaldu bahan makanan ini dan diberi udang tumis sebagai topping yang pastinya gurih dan enak.

    Olahan udang untuk anak ini juga cocok Anda buat jika anak sudah bosan dengan bubur ayam. Bubur seafood mungkin kurang populer dibandingkan dengan bubur ayam, tetapi bubur seafood memiliki rasa lebih nikmat dan memiliki lebih banyak kandungan protein.

    Kami sarankan supaya memilih bahan-bahan segar sebelum membuat bubur seafood ini. Dengan begitu segala macam nutrisi terkandung dari bahan makanan ini bisa si kecil Anda dapatkan dan tentunya baik bagi kesehatan mereka.

  4. Dimsum Udang

    Selain masakan yang digoreng, Anda juga bisa mengolah sumber protein ini menjadi dimsum. Dimsum merupakan makanan dibuat dengan cara menggiling daging udang dan kemudian dibungkus menggunakan pangsit kemudian dikukus.

    Makanan ini sangat cocok dijadikan camilan atau bahkan lauk untuk makan. Dimsum menjadi salah satu olahan paling sehat karena dimasak dengan cara dikukus tanpa adanya tambahan minyak sama sekali.

Udang memiliki kandungan nutrisi sangat baik bagi kesehatan si kecil terutama bagi tumbuh kembang mereka. Olahan udang untuk anak yang dimasakan dengan cara tepat tentunya akan meningkatkan kesehatan dan imunitas mereka.

Related Post