Mengapa pertumbuhan ekonomi penting bagi negara Indonesia? Pernahkah anda berpikir demikian? Bagi suatu negara, adanya pertumbuhan yang semakin maju tentu menjadi bagian dari tujuan tak terpisahkan. Sebab pertumbuhan ini berfokus pada peningkatan output perekonomian negara. Berikut akan dibahas pentingnya pertumbuhan, baik itu dalam jangka pendek maupun jangka panjang, faktor, serta manfaatnya.

Benarkah Pertumbuhan Ekonomi Penting untuk Negara?

Pertumbuhan ekonomi sangat penting sebagai salah satu indikator yang paling banyak memberikan pengaruh. Saat bertumbuh, jumlah barang dan jasa akan semakin banyak, sehingga mudah untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan. Standar hidup masyarakat juga menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Kepercayaan bisnis terus mengalami peningkatan, jadi mendorong terbukanya lapangan pekerjaan. Dengan begitu, tingkat pengangguran bisa menurun. Perubahan Produk Domestik Bruto atau PDB mewakili jangka pendeknya. Ketika tumbuh positif, ini menandakan bahwa tingkat ekonomi sedang berekspansi, bila hasilnya negative, maka terjadinya kontraksi.

Ekspansi merupakan kegiatan dalam memperluas usaha yang ditandai dengan menciptakan pasar baru, peningkatan ekonomi, perluasan fasilitas, peningkatan dunia usaha. Tujuannya supaya menjadi lebih besar atau luas. Sementara, kontraksi ekonomi terjadi saat aktivitas agregat mulai menurun. Apabila peningkatan outputnya potensial, maka merepresentasikan jangka panjang. Peningkatan PDB potensial ini mewakili output dalam perekonomian.

Manfaat Pertumbuhan Ekonomi Sangat Positif

Pertumbuhan ekonomi penting untuk perkembangan setiap negara. Adapun, manfaatnya sangat positif bagi keberlangsungan hidup negara dan masyarakat jika perekonomian terus mengalami perkembangan, diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Meningkatnya layanan publik

    Meningkatnya pendapatan pajak membuat pemerintah bisa mengalokasikannya untuk kebutuhan layanan publik, misalnya kesehatan, pendidikan, dan lainnya. Bahkan, pemakaian sumber daya terbarukan juga dapat dilakukan daur ulang.

  2. Rendahnya pinjaman pemerintah

    Pendapatan pajak yang lebih tinggi membantu mengurangi pinjaman pemerintah. Keperluan pemerintah dalam mengeluarkan uang demi kesejahteraan sosial, mengurangi kemiskinan, serta tingkat pengangguran, jadi lebih sedikit.

  3. Pendapatan perkapita masyarakat

    Pertumbuhan perekonomian yang baik akan berdampak pada peningkatan rata-rata pendapatan perkapita masyarakat. Sehingga, memiliki kualitas standar kehidupan yang layak dan bisa memenuhi segala kebutuhannya berupa barang atau jasa.

    Tingkat kemiskinan menjadi berkurang, serta meningkatnya harapan hidup masyarakat. Pertumbuhan ekonomi penting karena dapat mengurangi tingkat kemiskinan warga negara Indonesia dengan terbukanya banyak lapangan kerja.

  4. Meningkatnya investasi

    Memicu iklim investasi yang baik bagi pemilik modal dan perusahaan. Di negara Indonesia, ada banyak platform untuk melakukan investasi seperti emas, deposito, saham, properti yang bisa dimanfaatkan.

  5. Menurunnya pengangguran dan kemiskinan

    Pertumbuhan ekonomi penting karena mampu mempengaruhi perusahaan untuk menyerap lebih banyak tenaga kerja agar tidak menganggur. Dengan begitu, meningkatkan produktivitas sebab banyak peluang kesempatan kerja.

    Ketika ekonomi negara bertumbuh, banyak masyarakat yang penghasilannya meningkat. Kemampuan keluarga untuk memenuhi kebutuhan hidupnya semakin baik karena tak ada ketimpangan yang besar bagi penduduk desa maupun kota.

  6. Meningkatkan inovasi perusahaan

    Perusahaan dari lingkungan perekonomian juga investasi yang sehat membuat profitabilitas perusahaan naik. Perusahaan lebih banyak menganggarkan dananya untuk kebutuhan penelitian dan pengembangan, terkhusus dalam hal inovasi atau pengambilan risiko.

  7. Produksi barang meningkat

    Pertumbuhan ekonomi penting dalam menunjang peningkatan barang produksi yang dihasilkan. Perusahaan dan negara dapat mengekspornya ke luar negeri, salah satunya bahan baku minyak kelapa sawit.

3 Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Perekonomian

Pertumbuhan ekonomi penting bagi setiap negara, erat kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat. Jika didefinisikan yaitu kenaikan nilai serta jumlah produksi barang atau jasa pada periode tertentu. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan perekonomian bagi negara. Sehingga, akan berpengaruh pada proses pembangunan keberlangsungan suatu negara, cari tahu apa saja faktor-faktornya di bawah ini:

  1. Sumber daya alam

    Faktor utamanya berasal dari alam, seperti kesuburan tanah, kekayaan alam, iklim, sumber air, mineral, kelautan. Ketersediaan sumber daya alam yang melimpah ikut menunjang keterlibatan pembangunan.

    Tidak berpengaruh bila hanya sumber daya alamnya saja tanpa dikelola dengan baik. Pastinya harus didukung dengan kemampuan sumber daya manusianya dalam melakukan pengelolaan agar keberhasilan dapat terjadi.

  2. Sumber daya manusia

    Sumber daya manusia merupakan seseorang yang produktif sebagai penggerak perusahaan maupun institusi. Menjadi elemen utama dibandingkan dengan lainnya karena manusia bergerak untuk mengendalikan kekayaan alam, teknologi, hingga modal.

  3. Akumulasi modal

    Akumulasi sebagai proses bertambahnya stok modal fisik buatan manusia. Jika stok modal naik dalam kurun waktu tertentu, inilah yang dikatakan dengan akumulasi atau pembentukan modal.

    Modal diperlukan dalam mengolah sumber daya alam serta meningkatkan kualitas IPTEK. Modal sangat penting untuk menunjang perkembangan juga kelancaran Pembangunan perekonomian karena dapat meningkatkan produktivitas.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pertumbuhan ekonomi penting sekali untuk mengetahui taraf kehidupan yang layak dari warga negaranya atau menuntaskan kewajiban negara.

Related Post